Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Siti's Blog,
Semoga Artikel di Blog ini Bermanfaat....

Kamis, 24 Maret 2011

Dua Mangkok Kehidupan

Sahabat Remaja..

Hidup yang singkat ini selalu menuju KESEIMBANGAN. Allah Maha Adil, maka dengan keadilanNya segala sesutu dibuat seimbang. Apa yang kita dapatkan hari ini adalah hasil dari masa lalu kita, dan apa yang kelak akan kita dapatkan di masa depan adalah hasil apa yang kini kita lakukan.

Ada DUA MANGKOK kehidupan yang Allah berikan kepada kita yang mana kita harus menghabiskannya, keduanya. Mangkok pertama berisi KESULITAN, dan Mangkok kedua berisi KEMUDAHAN.

Kita boleh pilih, mau menghabiskan mangkok kesulitan terlebih dahulu ataukah mangkok kemudahan terlebih dulu. Saya yakin Anda cerdas, pasti akan lebih suka mendahulukan mengkonsumsi yang ada di mangkok kesulitan terlebih dahulu. Ibarat kita meminum jamu, pasti kita minum yang pahitnya dulu baru yang manisnya... Apa pendapat Anda jika ada seseorang meminum jamu tapi ia meminum yang manisnya terlebih dahulu baru yang pahitnya?

Itu sebabnya barang siapa ketika remajanya ikhlas berpahit-pahit menghadapi berbagai kesulitan, maka insya Allah ketika dewasa dan Tuanya ia akan diberikan banyak kemudahan oleh Allah SWT, karena memang jatah kesulitannya sudah ia usahakan untuk diambil di kala ia remaja/muda.

Tapi hari ini, sangat banyak remaja yang lebih suka mengambil jatah kemudahannya di kala muda, terlbih lagi kali ini hadirlah berbagai fasilitas yang memudahkan, yang kita sebut sebagai teknologi. Tentu saja Teknologi akan menjadi baik jika berbagai kemudahan itu digunakan untuk memudahkan hadirnya kebaikan dan rahmat ALLAH SWT.





Baiklah,  berikut saya akan berikan sekilas contoh daftar Mangkok Kesulitan dan Mangkok Kemudahan..
Diantara Mangkok Kesulitan adalah :
- Belajar
- Disiplin
- Jujur
- Berbakti kepada Ibu Bapak
- Sholat Tahajud
- Sholat Berjamaah tepat waktu
- Mendengarkan guru yang mengajar
- Mengerjakan PR
- Mebantu ibu bekerja di rumah
- dlsb

dan berikut adalah beberapa contoh isi Mangkok Kemudahan :
- Menyontek
- Ngobrol/Gosip
- Pacaran
- Istiqomah Nonton TV
- Melamun, tidak Memperhatikan materi yang disampaikan guru
- Memelihara keengganan belajar dan bekerja
- Menjadi aktivis Play station/Game online dan lainnya
- Santai, istirahat, dan tidur
- dlsb


 Sahabat Remaja...
Mari habiskan masa muda kita untuk "menghabiskan" isi dari Mangkok Kesulitan, setidaknya sebagian aktivitas kita adalah mengarah kepada itu, sebab jika kita habiskan masa muda/remaja kita untuk mengkonsumsi isi mangkok Kemudahan maka masa depan kita akan suram. Na'udzubillah. Memang tidak mudah, tapi ketidakmudahan inilah yang akan membuahkan berbagai kemudahan yang sejati dalam hidup kita. Insya Allah...


::Halalkan aku ayah::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar