Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Siti's Blog,
Semoga Artikel di Blog ini Bermanfaat....

Selasa, 15 Maret 2011

MeNyikat Gigi (Bersiwak) saat sedang Berpuasa

Bau mulut kerap timbul saat orang berpuasa. Inginmenghilangkan bau mulut dengan berkumur dengan obat kumur bahkan melakukansikat gigi saat berpuasa, bolehkah?
"Ini masalah perbedaan pendapat. Tapi sebagian ulama berpendapat hal ini(menyikat gigi saat puasa) jatuh pada hukum makruh. Akan mengurangi pahalaorang yang berpuasa, karena pasti ada tetesan (air dan pasta gigi) yang masukwalaupun tak disengaja," ujar Ustad H Ahmad Zaky.
Ust. Zaky pun menjelaskan ada kisah pada zaman Rasulullah SAW, seorang hakimyang tertidur di pagi hari saat berpuasa dan tak sempat menyikat giginya.
"Aku bekerja untuk kemaslahatan umat. Bolehkah aku berkumur setelah tidur?tanya sang Hakim pada Rasulullah.
Rasul pun menjawab, "Tanyalah hatimu. Kembalikan semua pada hatimu."
Artinya, tindakan menyikat gigi saat puasa itu kembali kepada niatnya. Kalauniatnya hanya sekedar iseng lebih baik jangan dilakukan dan sebaiknya waktuyang paling tepat untuk menyikat gigi adalah usai sahur sebelum azan Subuh. .Tapi kalau setelah sahur ketiduran, lupa dan bangun pagi harinya, ya tidakapa-apa menyikat gigi.tergantung niatnya.
Sedangkan untuk berkumur dengan obat kumur selama berpuasa, Ust. Zakymengatakan hal itu tetap dibolehkan dengan syarat.
"Kumur tidak apa-apa selama sebatas di lidah, dan tidak masuk tenggorokan,".
Hukum berkumur itu juga berlaku bagi ibu-ibu yang mencicipi hasil masakannyasaat berpuasa. "Cicipi dikit saja habis itu diludahkan dan tidak sampaitertelan, nggak apa-apa," tutur Ust. Zaky.
Bagaimana dengan anggapan selama ini, bahwa bau mulut orang berpuasa adalahbau surga dan diganti dengan wangi kasturi di surga?
Ini pernah juga terjadi pada seseorang di zaman Rasulullah. Dia salah tafsirdan akhirnya 3 hari tidak bersiwak (sikat gigi dengan kayu siwak).
Nah, saat pengajian, Rasul pun mencium bau tidak sedap. Lantas Rasul punbertanya siapa di antara orang-orang di majelisnya yang mempunyai masalah baumulut. Orang itu pun mengaku.
"Orang itu berkata, 'Kanengkau yang menyuruh aku ya Rasul? Bau mulut seseorang yang berpuasa akandiganti dengan wangi kesturi'. Rupanya dalam pikirannya semakin bau semakin wangi(bau di surga),".
Rasulullah pun meluruskan bahwa bau mulut orang berpuasa yang akan digantiwangi kasturi di surga berasal dari hati yang bersih dan hanya mengeluarkanperkataan baik saat berpuasa.
Dalam diri Rasulullah pun sudah terdapat contoh menjaga kebersihan gigi danmulutnya. Dikatakan dalam salah satu hadis, ciri-ciri fisik Rasul jikatersenyum akan terlihat giginya yang putih dan rapi.
Selain itu, Rasul juga menjaga kesehatan, termasuk gigi dan mulut, dengan menjagapola makan. Apalagi dalam Islam ada hadis yang mengatakan kebersihan adalahsebagian dari iman. Iya kan??^_^
Jazakallah...
"Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Semoga Amal Ibadah Kita Diterima OlehAllah SWT "
Amiin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar